Human Relation merupakan suatu interaksi antar seseorang dengan orang lain di dalam suatu hubungan kerja ataupun organisasi. Pentingnya belajar atau memahami human relation yaitu ketika kita berada di tempat kerja kita akan lebih mudah mengembangkan kemampuan dan kerja sama kita dengan orang lain serta memunculkan dampak kebahagiaan dalam kerja.
Dan juga untuk memahami serta mengembangkan human relation yang sehat dan bermakna, karena hubungan interpersonal yang baik dapat memengaruhi kebahagiaan, kesejahteraan, dan kesuksesan individu.'
Ada beberapa alasan mengapa kita harus mempelajari human relation :
1. Organizational structures
Mengacu pada cara perusahaan mengatur orang, pekerjaan, dan komunikasi agar berhasil dapat dilakukan. Lalu apakah kerja sama tim membuat perusahaan lebih sukses? apa hal penunjangnya?
2. Empowering Employees
Yaitu ketika sebuah organisasi memberikan kebebasan kepada karyawan dalam membuat keputusan tentang bagaimana mereka mennyelesaikan pekerjaannya.
3. Total Person Approach
Yaitu mengakui bahwa organisasi tidak hanya mempekerjakan seseorang dengan keterampilan, melainkan orang seutuhnya, dan memungkinkan perusahaan untuk lebih memahami kebutuhan orang dalam suatu organisasi.
Terdapat evolusi dari human relation, seperti pada efek Hawthorne, Elton Mayo melakukan eksperimen pertamanya pada pertengahan 1920 sampai 1930 untuk mengetahui kondisi fisik pekerjaan apakah memengaruhi produktivitas pekerja. Dalam efek tersebut dijelaskan bahwa peningkatan produktifitas terjadi karena para pekerja mengetahui bahwa mereka sedang diawasi. Dengan kata lain. para pekerja bekerja lebih keras karena mereka sedang menerima perhatian dan merasa senang karena diperhatikan. Seiring berjalannya waktu teknologi yang berkembang semakin canggih. Namun, teknologi bisa menjadi tantangan karena besar kemungkinan terjadi miskomunikasi.
Seperti yang sudah dibahas pada part 2 mengenai pemahaman human relation dan pada part tersebut dicontohkan publik figur Juragan 99 bagaimana ia membangun human relation kepada para karyawannya lewat bisnisnya. Dalam menjadi sebuah pemimpin menurut saya Juragan 99 menerapkan ketiga mengapa perlu memahami human relation dari bagaimana cara Gilang Juragan 99 mengatur dan mengelola J99 Corporation dengan baik hingga berkembang, dan juga Juragan 99 membebaskan karyawannya dalam berpendapat untuk menyelesaikan pekerjaan mereka, Beliau juga tak hanya mementingkan atau memperhatikan perkembangan perusahaannya namun pekerjanya sangat ia perhatikan. Mas Gilang dikenal sebagai sosok yang baik hati, rasa kepeduliannya yang sangat tinggi. Ia memberikan loyalitas yang tinggi kepada karyawannya dan memberikan sarana prasarana yang dapat membuat karyawannya semakin meningkat kinerjanya. hubungan yang dibangun oleh Gilang Juragan 99 menjadi sebuah human relation karena ada suatu komunikasi yang efektif dan juga dari gaya komunikasi yang ia gunakan.
Hal ini termasuk ketiga dalam memahami human relation yaitu organizational structures, kedua empowering employees dan yang ketiga total person approach.

Komentar
Posting Komentar